Program Iva Test dan Sadari Jadi Agenda Rutin YKI Balikpapan

Redaksi - Sabtu, 09 Juli 2022 12:00 WIB
Peserta melakukan registrasi pemeriksaan iva test dan sadari

IBUKOTAKINI.COM - Program pemeriķsaan iva test dan Sadari menjadi agenda rutin Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Balikpapan. Di mana setiap seminggu sekali, YKI menggelar kegiatan tersebut.

Kedua program tersebut merupakan untuk mendeteksi dini kanker serviks khusus Iva test. Sementara Sadari yatu pemeriksaan payudara sendiri. Sadari salah satu cara untuk mengetahui ada tidaknya kelainan pada payudara. Yang tujuannya untuk menemukan benjolan dan tanda-tanda lain pada payudara sedini mungkin agar dapat dilakukan tindakan secepatnya.

"Kedua program itu telah menjadi agenda rutin setiap minggunya. Dengan menggandeng stake holder lainnya. Seperti Puskesmas dan klinik kesehatan," ungkap Ketua YKI Cabang Balikpapan, Sri Soetantinah.

Program ini menurutnya, sangat direspon dengan baik oleh masyarakat. Terbukti dengan setiap menggelar iva test maupun sadari yang datang ke lokasi cukup besar.

"Terbukti yang datang itu bisa 100 sampai 250 kunjungan. Dari situ bisa teedeteksi. Apabila ada tanda dari hasilnya, maka dirujuk untuk ditindaklanjuti," katanya.

Sri Soetantinah mengatakan kesadaran masyarakat terhadap pencegahan penyakit kanker meningkat. Hal ini terlihat yang baik dari ibu ibu yang datang untuk memeriksakan diri.

"Yang menderita kanker serviks dan payudara cukup tinggi. Sehingga kepedulian kami terhadap pencegahan penyakit ini juga harus besar," tambahnya.

Pada Selasa lalu, (5/7), YKI Cabang Balikpapan menggandeng Ikatan Bidan Indonesia dan Puskesmas Sepinggan Baru.

"Jumlah pengunjung yang datang mencapai 250 orang. Dan tim pemeriksa sekitar 15 orang sehingga bisa diakomodir secara keseluruhan," tandasnya.

Editor: Ferry

RELATED NEWS