Terima Bendera Kirab Pemilu dari Kabupaten Paser, KPU Balikpapan Akan Sosialisasikan ke Kecamatan

Niken Dwi Sitoningrum - Selasa, 02 Mei 2023 09:00 WIB - dilihat 59 kali
Terima Bendera Kirab Pemilu dari Kabupaten Paser, KPU Balikpapan Akan Sosialisasikan ke Kecamatan

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 sudah di depan mata. Tahapan-tahapan pemilu bahkan telah dilakukan dan disosialisasikan sejak tahun ini.

Salah satu prosesi yang juga dilakukan di daerah adalah kirab dengan membawa bendera yang akan mengelilingi sejumlah wilayah. Kota Balikpapan menjadi salah satu daerah yang juga akan melakukan prosesi ini sampai di tingkat kecamatan.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan Noor Thoha mengatakan, bendera kirab yang diterimanya hari ini, Senin (1/5/2023) baru saja selesai disosialisasikan oleh KPU Kabupaten Paser.

“Kirab ini dimulai dari Kalimantan Utara (Kaltara), perjalanannya nanti sampai ke Jakarta sekitar bulan Februari,” terangnya kepada awak media.

Disebutnya, kirab ini merupakan sarana sosialisasi yang dicanangkan melalui KPU RI untuk dapat memberikan informasi kepada masyarakat terkait tahapan-tahapan Pemilu 2024 yang tengah berjalan saat ini.

“Untuk memberikan informasi kepada masyarakat bahwa tahapan pemilu sudah dimulai,” katanya.

BACA JUGA:

Mengusung tema “Pemilu Sebagai Sarana Integrasi Bangsa”, kirab ini juga berlangsung di sejumlah titik di seluruh Indonesia.

Dalam pelaksanaannya di tingkat kabupaten/kota, khususnya di Kota Balikpapan, Thoha mengatakan akan mengelilingi kecamatan-kecamatan yang ada untuk mensosialisasikan dan menginformasikan proses Pemilu 2024.

“Mulai hari ini, kami akan keliling ke kecamatan-kecamatan dengan membuat event atau acara dengan mengunjungi keramaian. Di sana, kami akan memberikan informasi terkait dengan ke-pemilu-an dan membagikan brosur serta souvenir,” jelasnya.

Kirab yang dilaksanakan di lingkup wilayah kerja KPU Balikpapan ini akan berakhir pada 6 Mei 2023 mendatang. Pihaknya akan kembali mengoper bendera kirab menuju Kota Surabaya.

“Tanggal 6 (Mei 2023), kami bersiap berangkat ke Surabaya dengan menggunakan kapal,” tuturnya.

Didampingi maskot Pemilu 2024, Thoha menjelaskan makna dari kedua maskot yang merupakan jenis satwa burung Jalak Bali bernama Sulu dan Sura.

“Maskot ini sebelumnya telah dilombakan, Sura (suara rakyat) dan Sulu (suara pemilu). Tentu saja, pemilu itu adalah proses sakral di mana rakyat itu melimpahkan kedaulatannya melalui surat suara itu,” tutupnya. ###

Editor: Adhitya Noviardi

RELATED NEWS