Wali Kota Lepas Keberangkatan Calon Jemaah Haji Asal Balikpapan

Redaksi - Rabu, 22 Juni 2022 17:00 WIB
Secara simbolis Para calon jemaah haji asal Balikpapan dilepas Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud pada Rabu (22/6/2022)

IBUKOTAKINI.COM – Sebanyak 241 calon Jemaah haji asal Balikpapan tahun berangkat menjalankan ibadah haji di tanah suci, Makkah. Jumlah itu terdiri 98 laki-laki dan 143 perempuan.

Pada hari ini, (22/6) Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud melepas keberangkatan para calon Jemaah haji asal Balikpapan. Pelepasan secara simbolis dengan memberikan baju rompi kepada perwakilan calon Jemaah haji di Balikpapan Islamic Center. Kedua perwakilan yang mengenakan rompi adalah Asngadi dan Dayang Suryani.

Pelepasan para calon jemaah haji dihadiri Kepala Kantor Kementerian Agama Balikpapan, Johan Marpaung, Asisten I Tata Pemerintahan Syaiful Bahri, Kapolres Balikpapan Thirdy Hadmiarso, dan perwakilan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah lainnya.

Wali kota mengatakan bahwa tahun ini para calon jemaah haji Kota Balikpapan bisa melaksanakan ibadah haji ke tanah suci Makkah. Setelah dua tahun pandemi tak dapat melaksanakan ibadah haji.

“Alhamdulillah tahun ini, para calon jemaah haji bisa melaksanakan ibadah haji. Para calon jemaah haji akan bertemu jemaah lainnya dari penjuru dunia,” ucapnya.

Dalam kesempatan ini, Rahmad Mas’ud berpesan kepada para calon jemaah haji Balikpapan untuk menjaga kesehatan dan selalu melaksanakan protokol kesehatan.

“Selain itu, jalin komunikasi dengan petugas pendamping apabila mengalami kesulitan di sana. Serta menjaga sikap dan keimanan selama menjalankan rukun Islam kelima,” pesannya.

Sementara itu, Johan Marpaung mengatakan calon jemaah haji asal Balikpapan terbagi 3 kloter melalui Embarkasih Haji.

“Selama berada di Asrama Haji Batakan, para jamaah haji akan diberikan pembekalan oleh panitia sebagai persiapan ketika menjalankan ibadah di tanah suci, Arab Saudi,” tambahnya.

Para calon jemaah haji asal Balikpapan dilepas Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud

Sementara itu, pada pemberangkatan tahap pertama ini, akan diikuti 1.180 jamaah calon haji. Kloter Embarkasi Balikpapan berasal dari berbagai daerah di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara, serta sebagian wilayah Sulawesi.

Sebelum diterbangkan melalui Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman, para jamaah terlebih dulu diinapkan di Asrama Haji Batakan.

Untuk kelancaran proses pemberangkatan, Angkasa Pura I Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman menyiapkan jalur khusus.

General Manager Bandara Internasional Sepinggan Balikpapan Rika Danakusuma mengatakan, sebelum memasuki bandara, para jamaah sudah melalui screening di Asarama Haji Batakan.

“Kami sudah menyiapkan X-ray dan walkthrough. Jadi semua screeningnya di sana. Kemudian dari Bea Cukai dan Imigrasi,” kata Rika, Selasa (21/6/2022).

Jalur khusus disiapkan sehingga tidak bergabung dengan penumpang umum. Karena tidak akan masuk melalui terminal. Sehingga waktu keberangkatan disesuaikan.

Editor: Ferry

RELATED NEWS