Stand pameran Dekranasda Balikpapan di Padang
Bisnis

78 Persen, Strategi Digital Marketing Pengaruhi Pemasaran Produk

  • IBUKOTAKINI.COM – Hingga 78 persen strategi digital marketing sangat berpengaruh terhadap keunggulan bersaing usaha kecil menengah (UKM) dalam memasarkan
Bisnis
Redaksi

Redaksi

Author

IBUKOTAKINI.COM – Hingga 78 persen strategi digital marketing sangat berpengaruh terhadap keunggulan bersaing usaha kecil menengah (UKM) dalam memasarkan produk. Sehingga pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) harus sigap mengikuti perubahan pasar. 

Kepala UPTD Pelatihan Koperasi Disperindagkop dan UKM Provinsi Kalimantan Timur, Zainuddin Panani mengungkapkan bahwa ada pengaruh signifikan antara variable inovasi teknologi terhadap keunggulan bersaing dan inovasi teknologi dalam pemasaran dengan memanfaatkan internet. 

“Jika dulu model interaksi bisnis tradisional bersifat face to face maka saat ini model interaksi itu telah berkembang ke arah interaksi modern berbasis elektronik,” kata Kepala UPTD Pelatihan Koperasi Disperindagkop dan UKM Provinsi Kaltim Zainuddin Panani saat mewakili Kepala Dinas Perindagkop dan UKM Provinsi Kaltim membuka Pelatihan Pemasaran Onilne di UPTD Pelatihan Koperasi, Jalan DI Pandjaitan Samarinda, Selasa (9/8/2022).

Menurut Zainuddin, strategi digital marketing saat ini berpengaruh hingga 78 persen terhadap keunggulan bersaing UKM dalam memasarkan produknya. 

Pelatihan ini diharapkan juga bisa menjadi solusi bagi pelaku usaha untuk tidak hanya terpaku pada model pemasaran konvensional, tetapi juga harus siap beralih ke pemasaran berbasis online digital.

“Inovasi teknologi dalam pemasaran dengan memanfaatkan internet berupa digital marketing atau internet marketing merupakan paradigma yang harus dipahami dalam bisnis saat sekarang ini, selain model konvensional,” tambah Zainuddin.

Pemprov Kaltim lanjut Zainuddin memberikan perhatian serius agar pelaku UMKM bisa bertahan dan terus berkembang di era persaingan yang semakin ketat. Apalagi UKM memiliki peran yang sangat strategis bagi perekonomian nasional karena UMKM merupakan salah satu sektor ekonomi yang berkontribusi besar bagi pembentukan PDRB.

Secara rinci Zainuddin menguraikan tujuan pentingnya pelatihan pemasaran online ini. Pertama agar pelaku UMKM mampu memanfaatkan perangkat digital dalam melakukan pemasaran produk usahanya dengan cara yang sederhana, mudah dan murah. Kedua, membantu UMKM untuk dapat menjangkau area yang luas, menyapa banyak orang dalam sekali klik dan sangat murah dengan pemasaran melalui perangkat digital dibandingkan pemasaran konvensional (face to face).

“Membuka gerbang pemasaran bagi UKM dan UMKM ke jagat online agar produk asli Kaltim mampu bersaing di pasar global,” tambahnya.

Tujuan keempat agar UKM mampu melakukan tehnik sederhana memasarkan produk mereka secara online melalui berbagai tehnik dan pemahaman yang diberikan selama pelatihan. Terpenting juga mampu menyusun strategi penggunaan media online berdasarkan tujuan dan kategori produk yang mereka tawarkan.

“Dengan pelatihan ini diharapkan peserta bisa lebih memahami kelebihan dan kekurangan berbagai jenis media,” harapnya.

Sebagai informasi, pelatihan dilaksanakan selama tiga hari, 9-11 Agustus 2022. Metode pembelajaran berupa teori dan praktik pengenalan pemasaran secara online. ###