Kabar Ibu Kota

Walikota Balikpapan Pimpin Apel Kesiapan Pengamanan Malam Takbiran Idulfitri

  • Pemerintah Kota Balikpapan bersama unsur TNI dan Polri menggelar apel gelar pasukan kesiapan pengamanan tim gabungan dalam ran
Kabar Ibu Kota
Admin

Admin

Author

IBUKOTAKINI.COM—Pemerintah Kota Balikpapan bersama unsur TNI dan Polri menggelar apel gelar pasukan kesiapan pengamanan tim gabungan dalam rangka persiapan pengamanan malam takbiran Idulfitri 1443 H.

Apel pasukan tersebut dipimpin langsung oleh Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud bersama Kapolresta Balikpapan Kombes Pol Thirdy Hadmiarso, Dandim 0905 Kolonel Inf Faisal Rizal, Danlanal dan Danlanud di halaman Kantor Wali Kota Balikpapan, Minggu (1/5/2022) 

Dalam arahannya, Rahmad Mas’ud mengatakan bahwa apel ini dilakukan sebagai bentuk kesiapsiagaan untuk mengamankan malam takbiran. Kegiatan ini juga menunggu keputusan pemerintah mengenai awal Syawal 1443 H.

Seperti disampaikan Kapolri Listyo Sigit Prabowo dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2022 bahwa tim pengamanan dituntut untuk waspada dengan tingkat mobilitas masyarakat yang tinggi sehingga rawan terjadinya transmisi Covid-19. 

Selain itu, potensi terjadinya aksi kriminalitas serta gangguan ketertiban masyarakat sehingga diperlukan langkah-langkah sinergi tentunya dengan seluruh stakeholder terkait agar masyarakat aman dan sehat dalam merayakan Idulfitri 1443 Hijriah.

"Terkait hal itu, saya harapkan seluruh personil gabungan pengamanan malam takbiran dapat meningkatkan komunikasi dan koordinasi agar dapat melakukan inspeksi dan antisipasi sedini mungkin terhadap potensi gangguan keamanan dan ketertiban. Termasuk titik kerawanan masyarakat yang tidak menerapkan prokes," katanya.

Wali kota juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada personel yang bertugas. 

"Di saat sebagian besar masyarakat berkumpul dengan keluarga untuk menyambut Idulfitri, tentunya pengabdian ini mendapat ganjaran pahala sebesar-besarnya dari Allah SWT," tambahnya memberikan motivasi pasukan keamanan.

Selepas memimpin apel, Wali Kota ikut serta dalam pemantauan hilal yang dilaksanakan di Menara Balikpapan Islamic Center oleh tim rukyatul hilal. Selain itu, wali kota juga memantau posko lebaran di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Gedung Parkir Klandasan, Perempatan Plaza balikpapan, dan Pelayanan Publik pada malam takbiran. Pemantauan dilakukan untuk memberikan motivasi sekaligus mengingatkan akan pelayanan publik yang tetap siaga selama libur lebaran berlangsung.