Bupati PPU, Hamdam
Kabar Ibu Kota

Bupati PPU, Hamdam, Menyebut Kemiskinan Aib Bagi Pemerintah Daerah

  • IBUKOTAKINI.COM – Kabupaten Penajam Paser Utara berhasil menurunkan angka kemiskinan menjadi kisaran 1,13 persen pada tahun 2022, yang berimbas pada data penurunan stunting.
Kabar Ibu Kota
Redaksi

Redaksi

Author

PENAJAM, IBUKOTAKINI.COM – Bupati Penajam Paser Utara, Hamdam menyebut kemiskinan sebagai aib bagi pemerintah daerah. Karena itu, setiap aparatur pemerintah harus bekerja keras menekan angka kemiskinan. 

Pernyataan ini disampaikan Bupati PPU, Hamdam, ketika memimpin Rapat Koordinasi Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem dan Penurunan Angka Stunting yang digelar Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbang) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), baru-baru ini. 

“Permasalahan kemiskinan ini adalah aib bagi pemerintah daerah. Oleh karena itu, saya mengajak seluruh rekan-rekan OPD selaku Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah, untuk bersama-sama menurunkan angka kemiskinan ini,” kata Hamdam dikutip dalam pernyataan resmi yang diterbitkan Humas Sekretariat Kabupaten PPU.

Hamdam juga minta kepada pemerintah kecamatan, pemerintah desa dan kelurahan untuk mengoptimalkan peran RT dalam proses pendataan kemiskinan secara real.

BACA JUGA:

”Saya titip kepada rekan-rekan di kecamatan untuk optimalkan peran perangkat desa dan kelurahan, untuk mengoptimalkan peran RT-nya, terutama dalam men-check atau memvalidasi kembali data real kemiskinan yang ada di desa dan kelurahan”, pinta Hamdam.

Angka Kemiskinan PPU Tahun 2022 mengalami penurunan 0,97 % menjadi 1,13 % % dari 2,10 % pada tahun 2021. Sejalan dengan hal tersebut, angka Stunting Kabupaten Penajam Paser Utara Tahun 2021 dan 2022 mengalami penurunan, dari 27,3 % menjadi 21,8 %.

Namun, Hamdam juga berpesan agar upaya menurunkan angka kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat terus dilakukan. 

Kabupaten PPU menargetkan angka kemiskinan tahun ini sebesar 1 %. Dan untuk Tahun 2024 angka kemiskinan Ekstrem di Kabupaten Penajam Paser Utara ditargetkan menjadi 0% yang juga merupakan target Nasional.

BACA JUGA:

Kepala Bapelitbang PPU, Tur Wahyu Sutrisno, mengatakan Rapat Koordinasi dilaksanakan atas dasar Instruksi Presiden Nomor 04 Tahun 2022 tentang Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem, yang didalamnya terdapat amanat untuk menghapus kemiskinan ekstrem dengan target nol (0) persen pada tahun 2024.

Tur Wahyu menambahkan, tujuan dilaksanakannya kegiatan rakor ini adalah untuk menyamakan persepsi terkait perumusan data pusat, penerima manfaat program yang didasarkan pada Data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE). ###