DPRD Balikpapan Bersama Ikapakarti Gelar Seni Wayang
Kabar Ibu Kota

DPRD Balikpapan Bersama Ikapakarti Gelar Seni Wayang

  • IBUKOTAKINI.COM – DPRD Balikpapan bersama Ikatan Paguyuban Keluarga Tanah Jawi (Ikapakarti) Balikpapan menggelar pagelaran seni wayang semalam suntuk yang
Kabar Ibu Kota
Redaksi

Redaksi

Author

IBUKOTAKINI.COM – DPRD Balikpapan bersama Ikatan Paguyuban Keluarga Tanah Jawi (Ikapakarti) Balikpapan menggelar pagelaran seni wayang semalam suntuk yang digelar di Halaman parkir rumah Dinas Ketua DPRD Balikpapan, Sabtu malam (26/3/2022).

Pagelaran wayang yang menampilkan tiga dalang Kota Balikpapan yakni Ki Ferdyan Trisangga, Ki Gilang Wisnu Carito dan Ki Wahyudi dengan lakon Pandawa Sajen dihadiri unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Balikpapan, Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Balikpapan Muhaimin dan Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekda Balikpapan Slamet Pujiono.

Ketua DPRD Balikpapan H Abdullah sekaligus sebagai Ketua Ikapakarti Kota Balikpapan  mengatakan, pagelaran ini memberikan semangat bagi pelaku seni budaya khususnya wayang kulit Kota Balikpapan untuk semakin berkembang dan baik.

"Jangan pernah merasa putus asa. Inilah saatnya Ikapakarti  Balikpapan maupun Kalimantan Timur (Kaltim), siap untuk menyongsong pagelaran wayang kulit dan  budaya-budaya Kaltim lainnya," tutur Abdulloh.

Abdullah menyebutkan sebanyak 129 paguyuban di Kota Balikpapan bisa bersatu padu dan berpartisipasi, untuk bisa mencapai Balikpapan sebagai Kota penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Kita optimis perekonomian di Kota Balikpapan akan semakin baik dan  maju, untuk masa depan Kota Balikpapan yang lebih sejahtera, adil dan makmur," ujarnya.

Sebelum pagelaran seni berlangsung, dilaksanakan pemadam lampu serentak dan peralatan elektronik (Switch off) selama satu jam dalam rangka mendukumg kegiatan Earth Hour 2022. 

Mewakili Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas'ud, SE, ME, Sekda Balikpapan menyampaikan bahwa kegiatan ini digelar sebagai rasa syukur bahwa pandemi Covid-19 sudah mulai menurun. Selain itu juga, pagelaran seni wayang ini merupakan rangkaian dari Hari Ulang Tahun (HUT) ke 125 Kota Balikpapan.

"Kegiatan ini untuk membangkitkan kembali para pelaku seni yang selama pandemi covid tidak bisa berkesenian dan terdampak pada ekonomi," ujar Muhaimin.

Kegiatan yang digagas oleh Ikapakarti ini dapat memberikan semangat baru kepada pelaku seni agar bisa lebih produktif lagi. Berharap usai lebaran 1443 Hijriah, para pelaku seni dapat berkreativitas kembali dan membangkitkan kembali perekonomian.

"Mudah-mudahan kegiatan ini membuat suasana Kota Balikpapan yang  selama ini sepi dengan kegiatan berkesenian, khususnya kesenian daerah yang ada di Kota Balikpapan agar bisa bergairah lagi," tambahnya.