Gubernur Isran Noor Jamin menjamin ASN Kaltim netral pada Pemilu Serentak 2024. (Foto: Biro Adpimprov Kaltim/Ahmad Riyandi)
Kabar Ibu Kota

Gubernur Isran Noor Jamin ASN Kaltim Netral

  • IBUKOTAKINI.COM - Kalimantan Timur siap menyambut pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan.
Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

SAMARINDA, IBUKOTAKINI.COM - Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor menggaransi para aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi akan bersikap netral. Penegasan disampaikan Isran Noor  usai memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kalimantan Timur. 

Rapat koordinasi di Samarinda, Rabu (30/8/2023), dilakukan dalam rangka pembinaan dan pemberdayaan organisasi kemasyarakatan mendukung sukses Pemilu Serentak 2024. 

“Saya jamin ASN pasti netral. Dan harus gunakan hak asasi politiknya, yaitu hak pilihnya. Tapi jangan ada yang ikut berkampanye," kata Isran. Menurut Politisi Partai NasDem ini, seluruh masyarakat harus mempertahankan suasana Kaltim yang kondusif. 

"Yang paling penting kita harus memiliki kesadaran penuh untuk bisa menjaga, memelihara dan mempertahankan suasana kondusif di Benua Etam Kalimantan Timur,” jelasnya.

Menurut Isran, menjelang pemilihan umum (Pemilu) serentak 2024 di Indonesia, Kalimantan Timur dipastikan siap menyambut pelaksanaan pesta demokrasi terbesar bagi rakyat Indonesia tersebut. 

BACA JUGA:

Kerja sama dan kolaborasi yang baik antara pemerintah daerah baik provinsi dan kabupaten/kota, TNI dan Polri, pemangku kepentingan terkait serta masyarakat menjadi modal utama terciptanya suasana aman dan kondusif di Benua Etam.

“Kalimantan Timur itu dulu, beberapa waktu lalu juga dihitung masuk kategori rawan, ternyata aman saja. Bahkan menurut saya paling aman diantara daerah lain. Untuk keamanan kita sudah bagi tugas semua untuk keamanan, mulai dari pihak TNI dan Kepolisian sudah siap untuk mengantisipasi dan mengawal peraturan perundangan yang dilaksanakan pada Pemilu Serentak 2024,” tegas Gubernur Isran Noor dalam pernyataan resmi.

Hal ini senada disampaikan oleh Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo. Dalam paparannya Tri Budi Utomo menyampaikan telah menyiapkan pasukan di seluruh wilayah Kaltim, dalam upaya pengamanan Pemilu Serentak 2024 mendatang.

“Kami (Kodam VI Mulawarman) melakukan pemberdayaan wilayah pertahanan melalui giat pembinaan teritorial dalam rangka menjaga kondusifitas wilayah baik sebelum, selama dan sesudah pelaksanaan Pemilu 2024," kata Tri Budi Utomo. 

Kodam Mulawarman memiliki Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil) Kaltim, yaitu Korem 091 Aji Surya Natakesuma, 8 Kodim, 66 Koramil dan 893 Babinsa, serta lebih dari 2.600 personil TNI. ***