Kejuaraan Pencak Silat IPSI Kota Balikpapan Diikuti 14 Perguruan Silat
Kabar Ibu Kota

Kejuaraan Pencak Silat IPSI Kota Balikpapan Diikuti 14 Perguruan Silat

  • Kejuaraan ini digelar dalam rangka persiapan Kejuaraan Daerah (Kejurda)Tingkat Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) kategori remaja, yang akan dilaksanakan pada pekan depan.
Kabar Ibu Kota
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

BALIKPAPAN - Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Balikpapan menggelar Kejuaraan Pencak Silat Tahun 2024, di Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC)/Dome, pada tanggal 18-20 September 2024. Diikuti 14 perguruan silat Kota Balikpapan dengan jumlah peserta sebanyak 468 orang. 

Ketua IPSI Kota Balikpapan sekaligus Sekretaris Daerah (Sekda) Balikpapan, Muhaimin, mengatakan kejuaraan ini digelar dalam rangka persiapan Kejuaraan Daerah (Kejurda)Tingkat Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) kategori remaja, yang akan dilaksanakan pada pekan depan. 

Hanya saja, momentum ini dijadikan kesempatan untuk mengasa kemampuan sekaligus melibatkan anak-anak dari tingkat usia dini, remaja dan pra remaja untuk melakukan latih tanding. "Khusus yang remaja akan di seleksi mewakili Balikpapan untuk Kejurda di Provinsi," ucapnya kepada media, usai pembukaan Kejuaraan Pencak Silat, di BSCC/DOME, pada Rabu, 18 September 2024.

Muhaimin mengatakan ajang ini untuk mencoba merefleksikan diri, sekaligus latihan melaksanakan kegiatan kejuaraan. Pasalnya, dalam rangka Hari Jadi Kota Balikpapan ke 128 pada bulan Februari 2025 akan mengadakan open turnamen Se Indonesia.

BACA JUGA:

"Kita Tunjukkan bahwa kota Balikpapan dan Kalimantan Timur mampu menjadi yang terbaik dan saya pesan kepada para pelatih kepada para ketua perguruan dan pengurus persiapkan anak-anak kita, untuk menghadapi bulan Februari yang akan datang, waktunya tidak lama lagi. Ini bisa menjadi ajang kita, untuk membuktikan bahwa pembinaan kegiatan pencak silat di Kota Balikpapan berjalan dengan maksimal," terangnya.

Lanjut Muhaimin berpesan kepada bapak ibu dari perguruan untuk menjaga sportivitas, jaga persaudaraan, jaga guyub rukun agar kepercayaan yang diberikan oleh pemerintah kota kepada IPSI. 

"Kita mampu menjaga martabat IPSI menjadi lebih baik, karena tidak semua cabang olahraga mampu melaksanakan kegiatan di tempat yang semegah ini. Untuk ke sekian kalinya IPSI mampu melaksanakan di tempat ini dengan lancar dan aman," serunya.

Ketua IPSI Kota Balikpapan, Muhaimin,

Salah satu perguruan IPSI Balikpapan, Cempaka Putih, Supriyanto mengungkapkan bahwa Cempaka Putih sudah mempersiapkan diri jauh-jauh hari dengan meningkatkan kualitas kemampuan fisik dan non fisik mental dalam bertanding. 

"Kita mengirimkan 35 atlet yang terbagi dalam kategori remaja, praremaja, usia dini 1 dan 2," paparnya.

Ia berharap perguruan cempaka putih semakin berjaya dan dapat meraih juara dalam kejuaraan ini, sehingga dapat mengharumkan nama cempaka putih dan IPSI Kota Balikpapan. 

"Kita sering ikut juara dan sudah aktif sejak tahun 1996," ungkapnya. ***