Kelurahan Waru masuk dalam Pilot Project Pengembangan Kesempatan Kerja Berbasis Kawasan. Foto: ilustrasi pekerja konstruksi.
Kabar Ibu Kota

Kelurahan Waru Ditetapkan sebagai Pilot Project Program Pengembangan Kesempatan Kerja Kawasan

  • IBUKOTAKINI.COM – Kementerian Ketenagakerjaan menetapkan Agro Forsetry Kelurahan Waru, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) sebagai salah satu lokasi pilot proje
Kabar Ibu Kota
Redaksi

Redaksi

Author

IBUKOTAKINI.COM – Kementerian Ketenagakerjaan menetapkan Agro Forsetry Kelurahan Waru, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) sebagai salah satu lokasi pilot project kegiatan perluasan kesempatan kerja kawasan pada tahun 2022. 

Program tersebut merupakan salah satu upaya memberdayakan Tenaga Kerja Mandiri (TKM) untuk meningkatkan penyerapan tenaga kerja. 

Agro Forsetry Kelurahan Waru merupakan salah satu dari sejumlah daerah yang ditetapkan dalam program kerja sama Kemnaker dengan Pemerintah Daerah dan IPB University.  

Kelurahan Waru masuk dalam Pilot Project Pengembangan Kesempatan Kerja Berbasis Kawasan. Hal itu diketahui dalam Rembuk Nasional Kegiatan Perluasan Kesempatan Kerja Berbasis Kawasan Tahun 2022 yang berlangsung akhir pekan ini. 

“Harapannya, kegiatan ini dapat membantu pembangunan lokasi kawasan melalui penciptaan ekosistem kewirausahaan dari hulu ke hilir serta memberikan manfaat bagi masyarakat kawasan dan sekitarnya,” kata Pelaksana Tugas Bupati PPU, Hamdam dalam pernyataan yang dikutip Minggu 13 November 2022.

BACA JUGA:

Menaker, Ida Fauziyah mengatakan, pengembangan kesempatan kerja berbasis kawasan merupakan langkah strategis, transformatif, dan inovatif dari Kemnaker dalam mendukung akselerasi pembangunan ketenagakerjaan yang berkelanjutan.

Menurutnya untuk menjalankan agenda besar ini diperlukan kerja sama lintas sektoral yang melibatkan peran dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, civitas akademika, dan masyarakat umum.

"Kegiatan ini memiliki manfaat yang sangat baik sebagai salah satu upaya dalam pembangunan ketenagakerjaan dan menciptakan alternatif peluang untuk mendorong pertumbuhan ekonomi kerakyatan di masing-masing kawasan," kata Menaker Ida Fauziyah dalam sambutannya ketika membuka Rembuk Nasional Perluasan Kesempatan Kerja Berbasis Kawasan Tahun 2022.

Adapun hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah untuk menciptakan sinergisitas dalam mempercepat perluasan kesempatan kerja kawasan yang dilaksanakan di 20 lokasi, diantaranya 5 lokasi pilot project pada tahun 2021 dan 15 lokasi pada tahun 2022.