Peringati Hari Amal Bakti (HAB) ke-77, Pemerintah Kota Balikpapan Bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Kemenag dan Tokoh Lintas Agama menandatangani Deklarasi Damai Umat Beragama Kota Balikpapan.
Kabar Ibu Kota

Menjaga Kerukunan, Pemkot Balikpapan Tanda Tangani Deklarasi Damai Umat Beragama

  •  IBUKOTAKINI.COM – Peringati Hari Amal Bakti (HAB) ke-77, Pemerintah Kota Balikpapan Bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Kemenag dan Tok
Kabar Ibu Kota
Redaksi

Redaksi

Author

IBUKOTAKINI.COM – Peringati Hari Amal Bakti (HAB) ke-77, Pemerintah Kota Balikpapan Bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Kemenag dan Tokoh Lintas Agama menandatangani Deklarasi Damai Umat Beragama Kota Balikpapan. 

Penandatanganan deklarasi dimulai dari Wali Kota Balikpapan H. Rahmad Mas’ud SE., ME., disusul Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Tokoh Lintas Agama dan Kementerian Agama Balikpapan. 

Deklarasi Damai Umat Beragama dirangkai dengan kegiatan Jalan Sehat Toleransi yang digelar Kementerian Agama Kota Balikpapan dalam rangkai HAB ke-77 di Lapangan Merdeka Balikpapan, Sabtu, 14 Januari 2023. 

Empat komitmen dalam Deklarasi Damai Umat Beragama tersebut. Yakni memperkuat komitmen kebangsaan untuk merawat kebhinekaan yang menjadi anugerah terbesar bangsa Indonesia; Mengukuhkan gerakan moderasi beragama untuk seluruh umat beragama; Menghindari segala bentuk ujaran kebencian; Berkomitmen untuk tidak menggunakan rumah ibadah sebagai tempat kampanye. 

BACA JUGA:

Dalam sambutannya, Wali Kota menyambut baik kegiatan yang berlangsung. Bukan hanya sehat tetapi juga meningkatkan semangat toleransi dan kerukunan antar umat beragama selama ini sudah terjalin dengan baik. 

“Dan ini menjadi salah satu alasan Provinsi Kalimantan Timur dipilih menjadi Ibu Kota Negara (IKN) baru. Karena warganya selalu rukun meskipun sangat heteregon,” katanya sebelum melepas peserta jalan sehat yang juga dihadiri isteri Wali Kota, Hj. Nurlena Mas’ud dan para isteri Forkopimda Balikpapan serta Ketua MUI Balikpapan, Habib Mahdar Abu Bakar Al Qadri. 

Saya juga ingin menyampaikan bahwa tahun ini Balikpapan mengangkat tema Balikpapan Berkolaborasi dan Balikpapan Bersinergi. 

“Dengan berkolaborasi dan bersinergi mari kita membangun kota Balikpapan dan menjaga persatuan dan kesatuan NKRI,” pesannya yang disaksikan ribuan peserta jalan sehat. 

Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud lepas jalan tolerasi dalam rangka Hari Amal Bakti ke 77

Sementara itu, Kepala Kementerian Agama Balikpapan, Johan Marpaung yang turut memberikan sambutan mengatakan dengan selalu menjaga kerukunan umat beragama menjadikan bukti Balikpapan sebagai kota yang nyaman dan rukun.

“Dan mudah-mudahan kebahagiaan dan kebanggaan kita Balikpapan yang selalu kondusif selalu terjaga,” ujarnya. ###