Peringati HPSN, Pusat Pengendalian Ekoregion Kalimantan Gelar Aksi Bersih Pantai
Kabar Ibu Kota

Peringati HPSN, Pusat Pengendalian Ekoregion Kalimantan Gelar Aksi Bersih Pantai

  • IBUKOTAKINI.COM – Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2023, Pusat Pengendalian Ekoregion Kalimantan menggelar Aksi Bersih di Pantai Seraya Bal
Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

Balikpapan, IBUKOTAKINI.COM – Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2023, Pusat Pengendalian Ekoregion Kalimantan menggelar Aksi Bersih di Pantai Seraya Balikpapan pada Sabtu, 4 Maret 2023. 

Kegiatan aksi bersih pantai Seraya ini melibatkan sejumlah warga sekitar, siswa sekolah, komunitas penggiat sampah, Dinas Lingkungan Hidup Balikpapan.

Kepala Pusat Pengendalian Ekoregion Kalimantan, Mini Farida mengungkapkan bahwa kegiatan ini hadir dalam peringatan HPSN yang jatuh pada 21 Februari. 

“Kita bersama-sama melaksanakan ini sebagai rangkaian kegiatan HPSN. Kami juga mengucapkan selamat kepada Kota Balikpapan yang berhasil meraih Adipura Kencana kategori Kota Besar,” ucapnya. 

Pihaknya juga berharap melalui penghargaan yang berhasil diraih ini dapat menjadi motivasi untuk selalu memperhatikan lingkungan. 

“Tidak hanya piala yang diraih tetapi kita berharap ini menjadi motivasi dalam menjaga kebersihan lingkungan. Kemudian juga mengelola sampah,” imbuh Mini Farida. 

BACA JUGA:

Dalam kesempatan ini, PT Pertamina Balikpapan juga menyerahkan bantuan untuk kegiatan aksi bersih pantai. Kegiatan aksi ini juga melayani bagi warga yang menukarkan sampah plastik seperti botol dan minyak jelantah.

Peringati HPSN, Aksi Bersih Pantai Dilaksanakan Pusat Pengendalian Ekoregion Kalimantan

Sementara itu, Staf Ahli Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Balikpapan, Arzaedi Rachman, menyampaikan apresiasi terselenggaranya aksi bersih pantai yang diselenggarakan Pusat Pengendalian Ekoregion Kalimantan. Dengan harapan semakin semangat menggerakkan masyarakat menjaga kebersihan, termasuk di kawasan pantai.

“Baru-baru ini Kota Balikpapan menerima penghargaan Adipura Kencana dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Walaupun kita tidak mengejar penghargaan, tetapi ini buah dari keberhasilan dari kolaborasi dan sinergi seluruh pihak dan masyarakat dalam membangun budaya dan disiplin perilaku bersih,” terangnya ketika membacakan sambutan Wali Kota Rahmad Mas’ud.

Ia memaparkan bahwa penilaian adipura bukan lagi fokus pada jalan-jalan utama atau jalan protokol tetapi ke jalan sekunder dan pelosok. Karena dinilai lebih mencerminkan tingkat kepedulian masyarakat terhadap kebersihan lingkungannya.

“Saya berharap budaya dan kedisiplinan ini ke depannya terus dipertahankan. Apalagi sebagai daerah Penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN), akan banyak penduduk baru yang masuk ke Balikpapan. Sikap kita lebih dulu menjadi contoh yang baik bagi warga pendatang,” ujarnya.  ###