Tingkatkan Semangat Nasionalisme, Pemkot Balikpapan Bagikan Ribuan Bendera Merah Putih pada Rabu 14 Agustus 2024
Balikpapan

Tingkatkan Semangat Nasionalisme, Pemkot Balikpapan Bagikan Ribuan Bendera

  • Aksi bagi-bagi bendera ini merupakan bagian dari Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih yang dilaksanakan setiap tahun mulai 1 Juli hingga 31 Agustus.
Balikpapan
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

BALIKPAPAN – Dalam menumbuhkan cinta tanah air dan menghargai perjuangan para pahlawan, Pemerintah Kota Balikpapan kembali melakukan aksi pembagian ribuan bendera merah putih kepada masyarakat.

Aksi ini dilakukan langsung oleh Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud bersama Sekretaris Daerah Muhaimin, Asisten, staf ahli, dan sejumlah kepala dinas usai Upacara Peringatan Hari Pramuka ke 63 tahun, di depan Balai Kota Balikpapan, Jalan Jenderal Sudirman, Rabu 14 Agustus 2024.

Wali Kota Rahmad Mas’ud menegaskan bahwa pembagian bendera merah putih ini merupakan bentuk apresiasi atas jasa para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan Indonesia. Ia menekankan pentingnya menjaga semangat nasionalisme di tengah masyarakat.

"Merah putih harus selalu ada dalam lingkungan dan jiwa kita, karena NKRI adalah harga mati," ujar Rahmad Mas’ud kepada para awak media.

BACA JUGA:

Aksi bagi-bagi bendera ini merupakan bagian dari Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih yang dilaksanakan setiap tahun mulai 1 Juli hingga 31 Agustus. Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Balikpapan, Sutadi, menyampaikan bahwa pada tahun ini, sebanyak 7 ribu bendera merah putih dibagikan kepada masyarakat, dengan sebagian di antaranya merupakan bantuan dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

Tingkatkan Semangat Nasionalisme, Pemkot Balikpapan Bagikan Ribuan Bendera Merah Putih

"Pembagian bendera pertama kali dilakukan pada 1 Juli lalu. Selain itu, pada Hari Pramuka juga telah dilakukan pembagian bendera kepada masyarakat," jelas Sutadi.

Ia berharap melalui aksi ini, semangat patriotisme dan cinta tanah air di kalangan masyarakat Kota Balikpapan semakin meningkat, seiring dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79 pada 17 Agustus mendatang.

Dengan gerakan ini, diharapkan masyarakat dapat semakin menghargai arti pentingnya bendera merah putih sebagai simbol kemerdekaan dan persatuan bangsa, serta memperkuat rasa cinta tanah air di tengah dinamika kehidupan sehari-hari. ***