Tren percakapan videotron berdasarkan pantauan Drone Emprit  (FOTO: DRONE EMPIT @ismailfahmi)
Politik

Videotron Trending di X, Ternyata Ini Penyebabnya

  • BALIKPAPAN - Penurunan materi kampanye menimbulkan efek Streisand yang dinilai menguntungkan capres.
Politik
Is Wahyudi

Is Wahyudi

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM – Frasa videotron memuncaki trending topik di aplikasi X (Twitter) sepanjang Selasa, 16 Januari 2024. Videotron yang menjadi topik hangat, rupanya berkaitan dengan isu calon presiden. 

Berdasarkan penelusuran redaksi,  videotron menjadi kata yang banyak digunakan menyusul informasi penurunan atau take down iklan kampanye calon presiden nomor  urut 1,  Anies Baswedan oleh simpatisannya. 

Iklan kampanye videotron yang diturunkan itu dipasang di Grand Metropolitan Bekasi dan Jakarta pada Senin, 15 Januari 2024. Pemasang iklan tersebut ialah para penggemar KPop atau KPopers yang menjadi simpatisan Anies Baswedan, dan teridentifikasi dengan pengguna akun @olpproject dan @aniesbubble. 

@aniesbubble sempat mengumumkan peluncuran iklan videotron berjajar di depan Grand Metropolitan Bekasi. 

BACA JUGA:

"Anies’s ads by @olpproject x @aniesbubble. Check it out in front of Grand Metropolitan Bekasi! 🌉📸. Use #SpotAbahAnies if you spot it! #PahitManiesAlwaysWithAnies #ANIES #아니스 @aniesbaswedan," tulisnya.

Namun hanya berselang beberapa jam, @olpproject mencuit "Sayangnya kami harus mengabarkan bahwa LED Ads yang telah dijadwalkan tayang selama seminggu (15-21 Januari 2024) di Bekasi dan Jakarta tidak dapat lanjut tayang di lokasi karena suatu hal yang di luar kuasa kami," sebutnya. 

Akun itu juga menuliskan upaya untuk mencari solusi terbaik. “Humanies tidak perllu khawatir dan mohon dukungannya untuk menyertai kami dalam memaksimalkan project serta memberikan update berkala,” pungkasnya.

Terkait penurunan materi  kampanye miliknya, Anies Baswedan juga sempat menimpali. 

BACA JUGA:

"Apresiasi setingginya buat semua yang sudah jalankan dan dukung inisiatif luar biasa ini walau berujung tidak seperti yang kita harapkan," tulis Anies. 

"Tetap semangat karena sebesar apapun tekanan yang kita terima tidak ada apa-apanya dibanding tekanan hidup yang dijalani rakyat kebanyakan setiap hari. Jadi apapun tantangan yang kita temui dalam perjuangan untuk masyarakat Indonesia ini ya kita hadapi sama-sama," pungkasnya.

Sejumlah tokoh mengomentari ‘penurunan’ materi kampanye itu.  Salah satunya pendiri Drone Emprit, Ismail Fahmi. 

“Tren Videotron @olpproject sebelum dan setelah ditakedown. Sebelum ditakedown, terjadi hype, tetapi masih wajar. Namun pukul 9 malam setelah ada info videotron ditakedown, terjadi spike percakapan hingga tengah malam,” ulasnya. 

BACA JUGA:

Menurut Fahmi, percakapan tentang penurunan videotron itu juga semakin meningkat sampai hari Selasa, 16 Januari 2024.

“Pagi-pagi ini trend lebih tinggi lagi, dan diprediksi makin tinggi percakapannya. Hal ini bisa memicu Streisand Effect,” kata dia.

Efek Streisand merupakan konsekuensi yang tidak disengaja dari upaya menyembunyikan, menghapus, atau menyensor informasi, namun upaya tersebut malah menjadi bumerang dengan meningkatkan kesadaran akan informasi tersebut.

“Mereka yang awalnya tidak tahu ada videotron itu, akhirnya malah makin banyak yang tahu, berusaha mencari tahu, dan melakukan aksi mencari solusi,” pungkasnya. ***