Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud memantau pelaksanaan Ujian Sekolah Berbasis Daerah.
Kabar Ibu Kota

Wali Kota Pantau Pelaksanaan Ujian Sekolah

  • IBUKOTAKINI.COM – Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud memantau pelaksanaan Ujian Sekolah Berbasis Daerah (USBD) yang berlangsung hari ini, 9 Mei hingg
Kabar Ibu Kota
Redaksi

Redaksi

Author

IBUKOTAKINI.COM – Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud memantau pelaksanaan Ujian Sekolah Berbasis Daerah (USBD) yang berlangsung hari ini, 9 Mei hingga 13 Mei 2022 mendatang. Rahmad Mas’ud meninjau sekaligus memberikan semangat kepada peserta ujian di SMP Negeri 2 Balikpapan dan SDN 003 Balikpapan Kota.

Kepada para peserta ujian, Wali Kota memberikan motivasi agar dapat mengikuti ujian dengan baik. “Anak-anak tetap semangat ya ujiannya, harus serius dan tekun dalam menjawab soal-soal yang diberikan,” ujar Rahmad Mas’ud.

Kunjungan itu didampingi Pj Sekda Kota Balikpapan, Muhaimin, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Balikpapan, Purnomo dan Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan, Andi Sri Juliarty.

Rahmad juga berpesan kepada peserta ujian agar membaca soal-soal yang diberikan dengan baik dan pahami terlebih dahulu. “Baca soal dengan tenang, pahami dan setelah itu baru dijawab. Jangan lupa awali dengan doa, yakin dan percaya diri untuk mendapatkan hasil yang maksimal,” pesannya.

Pelaksanaan ujian sekolah merupakan syarat untuk pemenuhan kriteria kelulusan untuk anak-anak kelas 6 di jenjang SD dan kelas 9 di jenjang SMP. “Ini adalah salah satu kriteria untuk kelulusan, untuk itu diharapkan kepada seluruh peserta dapat mengikutinya dengan serius dan belajar sungguh-sungguh sehingga mendapatkan nilai yang baik dan lulus dengan predikat terbaik pula,” harapnya.

Rahmad menambahkan, dengan mengikuti ujian sekolah buat Kelas 6 SD dan kelas 9 SMP yang melaksanakan ujian khususnya bagi yang SMP karena menggunakan sistem online, Pemkot Balikpapan berharap mereka bisa mengikuti ujian ini semua dan terima kasih kepada para guru- guru yang sudah memberikan ilmu dan pengetahuan kepada anak-anak, serta selama ini telah dititipkan pembinaan.

“Dari laporan Kepala SMP 2 Balikpapan sebelum ujian sekolah ini dilaksanakan, sudah dilakukan simulasi beberapa kali dan mudah-mudahan tidak ada halangan terhadap ujian anak SMP yang menggunakan sistem online, karena kalau SD masih menggunakan lembar soal,” ujar wali kota.

Berbagai upaya dilakukan Pemerintah Kota Balikpapan dalam mendukung dunia pendidikan, salah satunya pada tahun ajaran baru, Pemkot Balikpapan akan membantu memberikan seragam sekolah gratis bagi siswa yang akan masuk sekolah kelas 1 SD dan kelas 7 SMP.

Kebijakan lainnya dengan memperbanyak ruang kelas atau robongan belajar dan pembangunan sekolah baru. Saat ini pemerintah sedang membangun SMP baru di wilayah Balikpapan Barat.