YKI Cabang Balikpapan menyerahkan bantuan ke pasien kanker tidak mampu pada Jumat 2 Agustus 2024 di Lavender RSKD Balikpapan
Balikpapan

YKI Cabang Balikpapan Berikan Bantuan ke Pasien Kanker Tidak Mampu

  • Bantuan ini bukan untuk pengobatan karena dalam pengobatan telah menggunakan BPJS Kesehatan. Bantuan ini untuk menunjang penyembuhan seperti transportasi atau keperluan lainnya.
Balikpapan
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

BALIKPAPAN - Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Balikpapan telah menunjukkan komitmennya dalam membantu pasien kanker yang kurang mampu. Sejak Januari hingga awal Agustus 2024, YKI Cabang Balikpapan telah memberikan bantuan kepada lebih dari 50 pasien kanker yang membutuhkan.

Ketua YKI Cabang Balikpapan, Sri Soetantinah, menyatakan bahwa bantuan ini merupakan bagian dari program tahunan YKI dalam meringankan pasien tidak mampu. 

"Bantuan ini bukan untuk pengobatan karena dalam pengobatan telah menggunakan BPJS Kesehatan. Bantuan ini untuk menunjang penyembuhan seperti transportasi atau keperluan lainnya. Susu khusus pasien juga diberikan," katanya pada Minggu, 4 Agustus 2024.

BACA JUGA:

Setiap pasien yang menerima bantuan mendapatkan dana sebesar Rp3 juta. Pasien yang memenuhi syarat untuk menerima bantuan adalah mereka yang kurang mampu dan peserta BPJS kelas 3. Salah satu penerima bantuan adalah Annisa, seorang anak berusia 5 tahun yang menderita kanker tenggorokan sejak usia 2 tahun. Annisa diasuh oleh nenek dan kakeknya serta ibunya.

Selain memberikan bantuan finansial, YKI juga memberikan dukungan moral kepada pasien kanker. "Kami mengunjungi pasien saat mereka menjalani kemoterapi di rumah sakit dan juga saat mereka di rumah," ungkap Sri Soetantinah.

YKI Cabang Balikpapan mengunjungi pasien kanker Annisa (5) sekaligus menyerahkan bantuan di kawasan Telaga Sari Balikpapan pada Sabtu 3 Agustus 2024

YKI Cabang Balikpapan juga menjalankan program pemeriksaan IVA dan SADARI (periksa payudara sendiri) untuk mendeteksi dini kanker leher rahim dan payudara. "Upayanya untuk mencegah secara dini. Apabila diketahui sejak awal bisa dilakukan pengobatan segera sebelum lanjut," tambahnya. Pemeriksaan IVA dilakukan bekerja sama dengan UPTD Puskesmas dan klinik.

Selain itu, YKI juga menyelenggarakan penyuluhan untuk pelajar agar mereka dapat mengenali kanker sejak dini. Program penyuluhan ini akan dilaksanakan pada Agustus dan September mendatang.

“Melalui berbagai program ini, YKI Cabang Balikpapan berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya deteksi dini dan memberikan dukungan bagi mereka yang sedang berjuang melawan kanker,” tutupnya. ***