Wali Kota Balikpapan Ajak Masyarakat Dukung Coklit Pemilu 2024
Kabar Ibu Kota

Ikuti Coklit, Wali Kota Balikpapan Ajak Sukseskan Pencoklit Pemilu 2023

  • IBUKOTAKINI.COM – Petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) mulai melaksanakan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) Pemilu 2024. Salah satu petugas mend
Kabar Ibu Kota
Redaksi

Redaksi

Author

IBUKOTAKINI.COM – Petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) mulai melaksanakan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) Pemilu 2024. Salah satu petugas mendatangi rumah orang nomor satu di Kota Balikpapan. 

Petugas disambut hangat Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud bersama isteri Nurlena Mas’ud di Rumah Jabatan Wali Kota Jalan Syarifuddin Yoes, pada Selasa (14/2/2023) sore. 

Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas’ud SE., ME., mengajak masyarakat di Kota Balikpapan untuk mendukung pelaksanaan kegiatan pencocokan dan penelitian (Coklit) pemutakhiran data pemilih Pemilu 2024. 

“Dengan data yang mutakhir, valid dan faktual tentu akan mendukung kelancaran pelaksanaan pemilu 2024,” kata beliau saat menerima Petugas Pemutkahiran Data Pemilih (Pantarlih) dan Komisioner KPU Balikpapan.

Wali kota didampingi isteri menjawab beberapa pertanyaan petugas pemutakhiran data sesuai dengan Kartu Keluarga dan KTP. 

Warga Kota Balikpapan pun diminta agar mendukung tugas Pantarlih dalam mencoklit data pemilih karena ini menjadi tahapan penting dalam pemilu sehingga nantinya masyarakat dapat mengecek secara mandiri lokasi TPS tempat memilih. 

BACA JUGA:

“Tadi petugas menanyakan alamat, anak yang berusia di atas 17 tahun,” ucapnya. 

Sementara itu, Ketua KPU Balikpapan, Noor Thoha mengatakan bahwa setelah melakukan coklit kepala daerah selanjutnya seluruh warga juga akan dicoklit. 

“Kami datangi dari rumah ke rumah mulai hari ini hingga satu bulan ke depan,” sebutnya usai melakukan coklit.

Pelaksanaan coklit yang mendahulukan kepala daerah dan tokoh masyarakat ini memang dilakukan sesuai dengan aturan yang telah disepakati. Kemudian, coklit tersebut akan dilanjutkan ke masyarakat. 

"Sehingga, masyarakat bisa menjadi lebih terbuka kepada petugas yang akan bertugas melakukan pemutakhiran data," ujarnya.

Pantarlih akan mencocokkan data yang berkaitan dengan nama, alamat dan tanggal lahir pemilih yang telah terdaftar dalam sistem. ###